Kelebihan dan kekurangan Online Shop

Seiring kemajuan teknologi sepertinya, semua aktivitas sudah bisa dilakukan dengan bermodalkan smartphone ditangan, ga dipungkiri kita sudah banyak dimanjakan dengan teknologi, dan sepertinya itu adalah bagian hidup yang ga bisa di tinggalkan, Di blog ini saya ingin membahas kelebihan dan kekurangan online shop.


Kelebihan toko online


Harga Lebih ‘Berani’
Sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko offline. Alasannya,  Sudah banyak orang yang bisa membandingkan harga satu barang dengan lainnya, dan terutama barang lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline

Waktu Fleksibel
Toko online memungkinkan Anda untuk berbelanja barang tanpa harus banyak menyita waktu. Belanja bisa dilakukan di waktu senggang ataupun di sela-sela jam sibuk
 
Barang Lebih Bervariasi
Sebagian besar toko offline hanya memiliki produk terbatas dan susah untuk mecari barang yang kita inginkan. Seperti contoh, mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko offline tertentu. Toko online memungkinkan Anda untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko offline

Tidak Terbatas
Toko online tidak pernah tutup, dan waktu berbelanja bisa kapan saja, tetapi ada beberapa online shop yang membuat ketentuan, mengharuskan bayar sesuai dengan waktu yang di tentukan, biasanya waktu yang paling sering di gunakan 1x24 jam



Kekurangan Toko Online


Biaya Pengiriman
Toko online menetapkan biaya pengiriman yang akan menambah total pengeluaran. Semakin jauh alamat yang dituju, maka semakin mahal pula biaya pengiriman. Selain itu, jika produk dikirim dari negara lain, biasanya Anda juga akan bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan.

Barang Tidak Sesuai
Barang yang dipajang toko online terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Misalnya saja ukuran baju atau sepatu yang ternyata tidak sesuai dengan ukuran yang biasa Anda gunakan. Namun, ada beberapa toko online yang memberikan layanan penukaran barang

Kemungkinan Kerusakan Barang
Kerusakan barang saat pengiriman mungkin saja terjadi. Jika barang tersebut mengalami kerusakan, maka dapat memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penggantian dengan cara mengirim kembali.

 

Seorang manusia yang penuh dengan kekurangan yang sedang mencari sebuah keajaiban

Previous
Next Post »
14 Komentar
avatar

sampai saat ini belum pernah mengalami kerugian belanja via online mas, karena saya belanja di situs situs yang terpercaya

Balas
avatar

Hallo bro Andrian... wah.. Sungguh sudah lama nggak mampir ke sini. Eh, kenapa jarang promo di BE lagi? Ayuk, ah. Diramaikan lagi. :)

Ngomongin Olshop, gue bersyukur berlum pernah mengalami seperti bentuk kerugian. Mgkn, sekali, sih. Waktu beli powerbank merek apa, dikirim apa? Tapi, syukurnya lebih mahal. Dan direfound nggak mau. yaudah.

Balas
avatar

Wah suka nih sama pengamatannya.. Emang bener semua apa yang disebutin di atas. Sekarang toko online makin banyak, pembeli tinggal pinter2 nyari promo yang paling cihuy buat belanja. Kayak misal, promo gratis ongkir atau diskon tertentu. Sekarang sih lagi asik pake shopee, belanja min. 70ribu gratis ongkir.

Gue biasanya nyari komik atau novel yg di kota gue nggak ada, lumayan kan bisa nemu.. Persoalan lain sih setuju sama barang gak sesuai sama foto, biasanya kalo beli baju, ternyata kainnya beda banget.

Balas
avatar

Gue juga Lom pernah, ngalamin kerugian

Balas
avatar

Sekarang udh mulai aktif lagi kok di BE

Balas
avatar

Jaman emang sudah makin maju. Sekarang apa-apa sudah bisa diakses pake smartphone aja.

Belanja online sih emang ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita bisa belanja sambil tiduran. Tapi ya gitu, nggak bisa pegang dan lihat secara langsung benda yang mau kita beli.

Aku sih jarang belanja online. Kadang kalau ada kaos yg limited edition dan bagus aja baru aku beli secara online hehe

Balas
avatar

Promo di online shop itu penting banget untuk diperhatikan. Jadi, bisa menghemat biaya pengiriman.

Tapi untuk online shop besar seperti Lazada yang punya sistem COD jadi mengurangi biaya ongkir, hanya saja gak semua barang bisa COD, ada batas harga barang yang bisa COD. Nambahin satu lagi untuk kekurangan online shop, yaitu waktu pengiriman barang kadang melebihi tenggat waktu di ekspedisinya.

Balas
avatar

sekarang ini memang banyak toko online yang lagi eksis di indonesia, setau gue sih diawali dengan adanya tokobagus(dot)com, terus akhirnya banyak deh yang ikutan.

gue kurang paham soal transaksi toko online gitu, klo ada apa-apa gue mah pergi ke mall :v

Balas
avatar

Jelas ketakutan paling utama dari belanja di olshop adalah ukuran atau bentuknya gak sesuai. Enaknya ya praktis itu. Eh tambahin sisi negatifnya banyak oknum olshop penipu atau gak ramah, inikan bikin males belanja jadinya :))

Balas
avatar

Sebagai salah 1 cewek yang hobi banget belanja online, sebagian apa yang kamu sebutin bener.
Tapi jujur aja kalau dari segi biaya kirim alias ongkir, aku g sepenuhnya setuju. Menurut aku yang namanya ongkir masih sah kok. Contoh nih, misal aku beli jilbab via olshop yang berlokasi di malang. ongkirnya 9000 untuk tujuan Kediri, memang nambah biaya, tapi ini murah banget, daripada harus ke malang dengan jarak tempuh 2 jam, beli BBM paling g 20rb buat PP, belum lagi capeknya. Prinsip ini berlaku untuk seluruh wilayah, apalagi yang luar pulau, dari pada beli tiket pesawat yang mehong, ya mending dikirim aja.

Balas
avatar

Dulu ga kpikiran mau beli barang online. Beli offline lbih enak, bs sambil lihat2. Tpi sejak hamil n g bs kmana2 dipi akhirnya melirik situs online jg. Ada bbrp yg nyebelin, layanannya lama, tpi mostly udah bagus kok. :)

Balas
avatar

Iya banget. Salah satu kekurangan toko online seperti barang yang dikirim ternyata nggak sesuai lah yang kadang suka bikin ragu untuk beli satu barang yang manfaatnya lumayan penting. Termasuk salah kirim. Cuma gimana ya, sometimes kalo lagi nggak sempat nge-mall, mendingan belanja online sih.

Balas
avatar

Sedikit tips nih kalo mau belanja di OL shop lihat testinya dulu jgn sampai langsung belanja aja, pikir juga kadang kalo harga terlalu berani ada indikasi barangnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. atau malah ada indikasi penipuan.

Balas

Jangan Lupa Komentar