5 Alasan kenapa pesawat terbang warnanya putih

Pernah ga selintas kita berpikir, mengapa rata-rata, pesawat lebih memilih warna putih daripada warna lainnya, setelah mencari dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa alasan yang menjadikan warna putih sebagai cat untuk badan pesawat, dan ini 5 alasan tersebut

5 Alasan kenapa pesawat terbang warnanya putih, kamu kepikiran nggak?

Memiliki sifat termal

Warna putih adalah reflektor hebat sinar matahari dan mencerminkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya, nggak seperti warna lain yang menyerap beberapa cahaya. Jika ada cat pesawat selain warna putih, ini akan menyerap sinar matahari dan memanaskan badan pesawat. Tentu hal itu jadi sesuatu yang ingin kamu hindari, bukan?

Selain merefleksikan sinar matahari, warna putih juga bisa menghindari badan pesawat dari pemanasan, yang nantinya tak hanya menguntungkan ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika pesawat parkir di landasan pacu. Alasannya karena dibutuhkan sedikit waktu untuk mendinginkan badan pesawat di cuaca yang cerah dan kondisi tanah yang panas. Bahkan, beberapa pesawat sebenarnya perlu untuk memiliki lapisan cat putih untuk menjamin struktural suara mesin terbang.


Lebih mudah diinspeksi ketika retak atau penyok terjadi di badan pesawat

Pesawat secara teratur diperiksa apakah terdapat retak, penyok, dan bentuk lain dari kerusakan permukaan (untuk alasan keamanan yang jelas). Tak ada warna yang bekerja lebih baik daripada putih ketika terdapat bercak hingga retak di permukaan badan pesawat yang hampir selalu lebih gelap.

Selain itu, putih juga bisa menekan tanda korosi dan bintik-bintik kebocoran minyak (karena meninggalkan jejak berwarna gelap). Nilai plus dari warna putih dalam sebuah pesawat adalah lebih mudah untuk diamati ketika terjadi kecelakaan, terutama pada malam hari.


Karena mengecat sebuah pesawat tidaklah murah


Dalam urusan uang, mengecat pesawat terbang tentu membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari segi uang, tenaga, dan waktu. Mengecat pesawat Boeing dan Airbus saja membutuhkan waktu antara dua sampai tujuh hari, tergantung dari anggaran dana. Jadi secara efektif berarti membutuhkan biaya operasi yang lebih tinggi. Jika kamu mempunyai sebuah perusahaan penerbangan, kamu pasti akan menghindari itu sebanyak mungkin.


Pesawat berwarna memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah


Sekarang, jika kamu memiliki pesawat berwarna dan kamu ingin menjualnya, kamu harus memastikan bahwa warnanya tidak begitu luntur. Seperti kamu ketahui, tujuan akhir dari sebuah perusahaan penerbangan adalah untuk meminimalkan biaya sebanyak mungkin. Membeli pesawat berwarna akan berarti bahwa mereka mungkin harus mengecatnya menjadi putih, untuk berbagai alasan yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, masuk akal bahwa perusahaan akan membayarmu dengan harga yang lebih rendah untuk sebuah pesawat berwarna


Warna putih tak akan pudar

Saat terbang di ketinggian akan terkena berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar sehingga membutuhkan banyak pekerjaan untuk mengecatnya agar mempertahankan estetika pesawat. Berbeda dengan pesawat berwarna putih yang tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara









Seorang manusia yang penuh dengan kekurangan yang sedang mencari sebuah keajaiban

Previous
Next Post »
11 Komentar
avatar

Aku sih taunya ya itu, biar gak panas aja. Karena kalok warna putih mantulin panas dari sinar matahari. Kan gak lucu ya di dalem pesawat tetep aja kepanasan gegara pesawatnya warna item :')

Balas
avatar

Kalau pesawat warnanya warna-warni nanti di kira pelangi terbang lagi ko :))

Balas
avatar

baru tahu, pantes ga ada pesawat yang warnya hitam ya

Balas
avatar

Kalo dipikir-pikir iya juga sih.
gue baru nyadar sekarang.
Besok setiap gue punya berbagai macam barang mau gue cat jadi putih semua deh,
biar nilai jualnya tinggi

Makasih infonya mas :)

Balas
avatar

Hehehe bener juga nih. Baru ngeh sekarang. Thanks yaa

Padahal adain pesawat warna item biar gak mainstream :v

Balas
avatar

Hehehe bener juga nih. Baru ngeh sekarang. Thanks yaa

Padahal adain pesawat warna item biar gak mainstream :v

Balas
avatar

Iya ya, selama ini aku acuh tak acuh aja sama pesawat yang berwarna putih. Ternyata ada beberapa alasan mengapa pesawat diwarnai putih.

Poin pertama itu penting sekali sih, soalnya kalau selain warna putih, ntar malah warna tersebut menyerap panas dan bisa bikin berbahaya.

Dan yang pasti, warna putih juga nggak akan pudar, jadi lebih hemat.

Balas
avatar

Bener sih ya , gue juga paru kepikiran tentang pesawat . hemm . Itu bener banget , ya mengecat badan pesawat . Emang tidak murah , soalnya kan pesawat itu , lumayan besar juga .. jadi gak mungkin kalau di cat dalam waktu sehari aja .

Balas
avatar

Baru ngeh, iya juga sih rata-rata pesawat pasti warna dasarnya putih, kalaupun ditambahin gambar gak semuanya di warnain. Tapi itu pesawat sipil, kalo pesawat militer kenapa gak ada yang putih, warnanya kalo gak hitam, ijo atau abu-abu. hayoloh padahal sama-sama dipake terbang.. haha

Balas
avatar

Memang hal ini pernah kepikiran sama gua. Kenapa dominan putih ya warnanya? Jaman dulu kan banyak kasus pesawat jatuh karena nabrak burung. Eh serius, katanya burungnya masuk ke engine pesawat dan bikin enginenya jadi stuck gitu. Nah mempertimbangkan kemungkinan seperti ini, kenapa pesawatnya ga dibikin warnanya jadi hitam atau warna lain yg mengintimidasi gitu? Hehehe...

Balas
avatar

Wah bener juga.. pantesan rumah gue panas banget... besok gue gantilah cat genteng rumah gue jadi warna putih....

Balas

Jangan Lupa Komentar